Minggu, 11 Juni 2017

14 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil - Cara Merawat Janin

Foto doktersehat.com

Pantangan Makanan Ibu Hamil - Pada saat usia kandungan masih muda, banyak sekali resiko yang dapat menghampiri ibu hamil. Ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar. Selain itu pada tahap hamil muda maka janin sedang berkembang dan membutuhkan perhatian eksta, selain harus makan makanan yang bergizi dan sehat juga ada beberapa pantangan makanan yang tidak boleh. Namun ibu hamil tidak tahu mana hal yang boleh dan tidak boleh. Padahal ada berbagai larangan ibu hamil yang wajib dihindari. Berikut ini beberapa pantangan untuk ibu hamil yang harus diperhatikan.

Berikut ini hal-hal yang menjadi pantangan oleh ibu hamil :

1. Tape

Pantangan makanan ibu hamil yang pertama adalah tape. Tape merupakan hasil frermentasi dari singkong. Salah satu bahan Pembuatan tape yaitu menggunakan ragi, semua makanan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak begus bagi ibu hamil dikarenakan mengandung alkohol tinggi. Kita sama-sama mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.

2. Semua Makanan Setengah Matang

Masakan yang biasa dimasak setengah matang adalah telur, daging, susu dan juga seafood. Makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil jkarena mengandung bakteri salmonela. Jika sampai ditelan, ibu hamil akan terkena infeksi bakteri yang akan membahayakan janinnya.

3. Sushi

Sushi adalah makanan mentah asal jepang yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar. Berikut ini berbahaya yang ada di dalam sushi :

  • Bakteri Salmonela yang bisa menyebabkan diare dan juga kram perut
  • Bakteri Coliform
  • Toksoplasmosis merupakan sejenis bakteri yang kan menyebabkan janin mengalami penyakit tokso.Tokso ini adalah salah satu jenis penyakit yang mennyerang kepala bayi.
  • Daging Berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh ibuhamil karena bisa menimbulkan kolesterol dan gangguan kesehatan lainnya. Jika sampai ini terjadi, pada saat persalinan ibu hamil akan mengalami komplikasi.

4. Sayur Nangka Muda

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi karena banyak mengandung getah. Jika tidak bersih dalam mencucinya dan memasaknya tidak benar, janin dan ibu hamil akan mengalami gatal-gatal. Tidak hany itu saja plasenta bayi juga akan menjadi lengket.

5. Ikan Yang Mengandung Zat Berbahaya

Merkuri merupakan zat berbahaya yang ada pada kosmetik dan juga pada zat makanan. Zat ini sangat berbahaya sekali. Jika tidak jeli dalam memilih, ikan saat ini banyak diberikan merkuri. Alasannya sangat simple yaitu untuk membuat tampilannya ikan lebih menarik dan awet. Hati-hatilah dengan ikan yang memiliki warna kulit dan sisik lebih mengkilap. Ada juga kandungan merkuri yang sudah dikandung dalam tubuh ikan tanpa bantuan dari manusia. Berikut jenis ikan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil :

  • Ikan tengiri sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan siomay dan empek-empek mengandung merkuri. Sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.
  • Ikan todak juga mengandung merkuri
  • Ikan yang ditangkap didaerah limbah dan memiliki kadar polutan yang tinggi, lebih aman jika ibu hamil mengkonsumsi ikan dari kolamnya sendiri atau kolam tetang yang ibu hamil tahu kondisi kolamnya sehat atau tidak.

6. Keju

Banyak ibu hamil yang mengira kalau keju baik untuk kehamilan dikarenakan terbuat dari susu. Namun, anggapan tersebut salah dikarenakan keju yang tidak dilakukan dipasteurisasi sangat berbhaya bagi ibu hamil. Keju tersebut ditemukan pada keju lunak hasil impor dari luar negeri.

Dipasteurisasi adalah proses dimana susu yang menjadi bahan utama keju tidak dipanaskan sampai 60 derajat Celcius. Untuk membunuh bakteri pada susu, dibutuhkan proses selama 30 menit. Beberapa jenis keju hasil impor yang tidak dilakukan proses dipasteurisasi :

- Keju Brie
- Keju Camembert
- Keju Feta
- Blue Cheese
- Roquett

7. Kerang Mentah

Kerang juga merupakan seafood yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Berbeda halnya dengan sushi dan seafood mentah, kerang mentah bisa menyebabkan ibu hamil keracunan. Hal itu diakibatkan kerang mentah mengandung virus berbahaya.

8. Makanan Dengan Tinggi Gula

Makanan seperti kue basah maupun kue kering sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi karena kandungan gulanya sangat tinggi. Akibatnya adalah sebagai berikut :

- Bayi yang dilahirkan berukuran besar sebab glukosa dapat menyebabkan obesitas pada bayi.
- Kadar gula didalam darah tinggi sehingga ibu hamil rentan mengalami komplikasi.

9. Daging Kambing

Ibu hamil dengan kondisi tertentu tidak boleh mengkonsumsi makanan ini dikarenakan daging kambing bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Lihat beberap tensi yang dimiliki olrh ibu hamil, jika tensinya jangan mengkonsumsi daging kambing. Ibu hamil dengan tensi normal boleh mengkonsumsi daging kambing, namun dalam batas wajar karena sifatnya yang panas.

10. Makanan Asin

Makanan maupun camilan yang asin jangan dikonsumsi karena dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Ibu hamil dalam proses persalinan yang memiliki tekanan darah tinggi akan sangat beresiko.

11. Makanan Mengandung Cafein

Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan yang didalamnya mengandung kafein. Makanan itu dicampur dengan bahan cokelat dan kopi.

12. Makanan Dengan Pengawet Tinggi

Makanan yang memiliki kadar pengawet tinggi sebaiknya jangan dikonsumsi karena bisa membahayakan bagi otak janin. Otak bisa terlambat berkembang. Makanan dengan pengawet tinggi misalnya :

- Mie Instan
- Sarden
- Kornet
- Semua makanan yang dikalengkan

13. Makanan Mengandung Banyak Micin

Micin yang berlebihan tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung micin membuat tekanan darah naik dan janin memiliki kecerdasan yang kurang.

14. Kacang Tanah

Tidak boleh dikonsumsi karena bisa menimbulkan alergi pada bayi dikemudian hari setelah bayi dilahirkan.

Ibu hamil perlu memerhatikan hal yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan. Berbagai larangan sangat peting dipatuhi untuk memelihara kesehatan janin dan ibu yang sedang hamil. Selain itu semua pantangan ibu hamil memang bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan janin agar terlahir secara sehat dan selamat.

Artikel Terkait

14 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil - Cara Merawat Janin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email