Jumat, 02 Juni 2017

11 Cara Diet Sehat Cepat Kurus


Setiap orang ingin cepat berat badan turun dan menjadi langsing, terlebih mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, tapi perubahan pola makan drastis apalagi sampai tidak makan beresiko terkena gangguan kesehatan. Selain itu, usaha keras untuk diet yang tidak sehat juga tidal memungkinkan perubahan gaya hidup sehat demi menjaga kestaabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

Obesitas atau kelebihan berat badan biasanya dipicu oleh banyak faktor yaitu faktor pola makan, genetik, dan masih banyak llagi. Kamu dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan alami tanpa ada efek samping sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh, selain itu lebih murah dan ekonomis. Berikut adalah beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan :

1. MENENTUKAN TARGET
Foto indowarta.com

Target - target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk penurunan berat badan, contohnya jika kamu suka ngemil gorengan, makan makanan yang berlemak tinggi, mulai sekarang niatlah untuk berhenti atau mengurangi camilan gorengan dan makanan berlemak tersebut.

2. MENGONSUMSI BANYAK AIR PUTIH


Foto umsblog.com

Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas sehari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

3. OLAHRAGA / AKTIF BERGERAK


Foto 7dayslim.org

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Olahraga efektif untuk menurunkan berat badan yaitu joging, jalan santai, senam aerobik, renang, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki  tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh dengan cepat.

4. MENGKONSUMSI KACANG PISTACHIO

Foto bukalapak.com

Mungkin belum semua orang mendengar kacang pistachio. Kacang jenis ini biasanya tumbuh didaerah kering seperti Turmenistan, Azerbajian Barat dan Iran. Kacang pistachio relatif lebih mahal dari jenis kacang-kacangan yang lain. Kandungan protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein terbaik sangat rendah kalori. Jadi, jika kamu memiliki uang lebih tidak ada salahnya mencoba makanan ini sebagai salah satu cara diet alami.

5. MENGKONSUMSI MAKANAN YANG MAMPU MEMBAKAR LEMAK DALAM TUBUH

Foto merdeka.com

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga :

  • Buah Berry : Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurinkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Telur : Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.
  • Yogurt : Yogurt merupakan salah satu makanan sehat kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setaip hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.

6. MENGKONSUMSI MAKANAN KAYA SERAT
Foto brilio.net

Salah satu cara diet alami  dalam 1 minggu adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayur, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.

7. MENGGANTI KARBOHIDRAT BIASA DENGAN KARBOHIDRAT KOMPLEKS

Foto tropicanaslim.com

Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. PILIH MAKANAN YANG DIOLAH DENGAN CARA TERTENTU

Foto family.fimela.com

Akan lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang telah diolah dengan cara dikukus atau direbus daripada makanan yang digoreng. Makanan yang dikukus atau direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digorengdalam minyka panas. Apalagi makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi.

9. MENGURANGI MENGONSUMSI MAKANAN KEMASAN

Foto simomot.com

Makanan siap saji, makanan kemasan, dan makan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun hindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.

10. MENGATUR ISI MAKANAN DI ATAS PIRING MU

Foto telegraf.com.ua

Yang harus kamu lakukan adalah mengatur ulang makanan di atas piringmu. Intinya adalah memenuhi sepertiga piring kamu dengan makanan rendah lemak seperti ; ikan, daging unggas, atau daging tanpa lemak. Selain itu, perbanyak buah dan sayuran serta kacang-kacangan. Pilih juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah. Kalau suka buah, pilih yang tidak terlalu manis seperti alpokat, tomat, dan apel. 

11. MEMPERHATIKAN POLA MAKAN MALAM

Foto dietcepatalami.com

Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dan gula dalam jumlah yang kecil. Jadi atur pola makan malam kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, selain itu juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan jika tidak ingin perut menjadi besar atau buncit.

Itulah tadi 11 jenis cara diet alami yang bisa kamu coba dan praktekan dirumah.

Artikel Terkait

11 Cara Diet Sehat Cepat Kurus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email